15 November 2009

Persamaan yamaha vega ZR dan Yamaha Mio

Secara spek teknis, Yamaha Mio dan Vega ZR mirip sekale. Terlihat dari kapasitas mesin sama-sama 113,7 cc yang didapat dari diameter x stroke yaitu 50 x 57,9 mm. Ini yang bikin muncul pertanyaan, apakah komponen atau part kedua tipe Yamaha itu bisa saling tukar.

Terutama mesin atas alias mulai dari blok silinder hingga head cylinder. Secara githu lho. yup! Banyak part racing aftermarket Mio di pasaran kan? Tentu buat kamu yang doyan speed, bikin ngacir Vega ZR nantinya bakal lebih mudah.

Biar nggak penasaran, baiknya bedah aja keduanya yuk! Ya. Kita cari tahu persamaan dan perbedaanya. Apakah cuma sekedar bore x stroke doang yang sama. Atau memang banyak perbedaan lainnya? Mareee...


Dari banyaknya part aftermarket racing Mio, blok dan kepala silinder banyak ditawarkan. Itu karena cukup dengan menggati part bolt-on tersebut, speedgoers pun sudah bisa melaju kencang di lintasan.


Yup! Cara bore up, banyak ditempuh. Untuk Yamaha Mio, mulai dari piston 58 mm hingga 70 mm bisa diaplikasi. So, buat Yamaha Vega baru alias ZR ini gimana ya? Langsung aja empat baut kepala silinder dilepas!



















Kelar head silinder dan blok dilepas, blok aftermarket Mio pun coba dipasang. Melewati empat baut pemegang blok dan kepala silinder, blok enggak ada masalah! Jarak lebar lubang baut yang ditawarkan ZR, sama dengan blok Mio.

Bahkan, untuk bos blok atas dengan kepala silinder dan bos blok bawah dengan crankcase pun bisa saling subsitusi. Yap! Antara bos blok dengan baut empat sama sekali enggak ada masalah.Tapi begitu blok ketemu bibir crankcase, baru muncul persoalan. Lubang baut samping kiri pemegang head dan blok Mio dengan crankcase ZR berbeda jarak. Bagian luar blok Mio, lebih kecil dari ZR.

Untuk bagian atas, selisih lubang baut di crankcase ZR lebih tinggi sekitar 4,26 mm. Sedang bagian bawah, lebih pendek 3,13 mm. “Tapi untuk lubang linner-nya, tidak ada masalah tuh. Piston tepat ada di tengah,” ungkap Raymond, owner JP Racing Cengkareng yang jadi tempat bedah ZR dan Mio ini.

Penasaran dengan hal ini, blok silinder ZR pun coba dipasang kembali. Selanjutnya coba kombinasikan part antara kepala silinder aftermarket Mio dengan blok ZR. Ternyata, tetap saja kendala yang sama muncul kembali. Ya, beda jarak dua baut samping pemegang blok dan kepala silinder.

Buat yang ingin memaksakan aplikasi part aftermarket, bisa saja sih. Tapi, itu artinya kudu buat dudukan ulang baut samping di crankcase. Begitunya, kekuatan pemegang blok pun tidak berubah drastis.

Tidak cuma sampai di situ perbedaan engine Mio dengan ZR. meski memiliki stroke X bore sama, tapi lubang pen piston yang dimiliki keduanya taunya juga beda.

Milik Yamaha Mio, aplikasi diameter pen piston 15 mm. Sedang yamaha Vega ZR, lebih kecil ketimbang Mio. Yaitu, 13 mm. Begitunya, piston bolt-on aftermarket yang ditawarkan
Mio pun gak bisa diaplikasi langsung.

Kalau ingin ganti piston bore-up, maka harus ganti setang piston pakai punya Mio,” saran Raymond yang punya workshop di Jl. Nirmala, Sumur Bor, Cengkareng, Jakarta Barat.

Sebenarnya bisa aja kalau mau paksa pakai setang ZR. Itu artinya diameter pen piston atas, kudu diperbasar lagi 2 mm. Tapi, langkah ini boleh dibilang cukup berisiko. Karena luas bagian setang menjadi lebih tipis. Belum lagi jika rasio kompresi yang diaplikasi tinggi. So, kuat enggak ya?

Atau kalau mau bore up abis bisa pakai piston Honda Sonic stau City Sport–1 (CS-1) yang diameternya 57 mm. Atau pakai yang oversize 100 58 mm. Punya diameter pen piston yang sama dengan Vega ZR yaitu 13 mm. Dengan begini kapasitas silinder bisa naik 150 cc.


















Lanjut ke soal bore up alias memperbesar isi silinder dengan cara ganti piston. Tentu dengan diameter lebih besar. Jadi, kapasitas pun makin bengkak lebih banyak. Nah, aslinya diameter piston ZR adalah 50 mm. Githu juga Mio.

Nah, di pasaran banyak Mio aplikasi piston 58 mm buat kohar alias korek harian. Kapasitas pun bengkak dari 113,7 cc jadi 152,8 cc. Sayangnya, buat aplikasi piston seperti ini, ZR gak bisa langsung.

Karena liner alias boring yang dimiliki ZR cukup terbatas. Ya! Hanya bisa dioversize hingga pakai piston 52 mm. “Itu pun jarak dinding liner menjadi tipis. Cukup berisiko juga,” kata Ayah satu putri ini.

Ya! Setelah diukur, jarak liner yang dimilik ZR hanya 2,83 mm. Kalau disesaki piston 52, maka liner tersisa hanya 0,83 mm. Belum lagi dikurangi jarak toleransi alias clearance piston dengan liner.

Buat terapkan bore up, salah satu caranya adalah kudu ganti boring dulu dengan yang lebih besar. Langkah ini masih bisa diaplikasi. Itu karena dinding blok untuk liner ZR masih memungkinkan.

















Dari sekian banyak perbedaan antara ZR dengan Mio, juga ada persamaan lainnya. Yaitu noken-as alias peranti yang berputar buat gerakan pelatuk klep. “Untuk bentuknya, nggak ada masalah. Keduanya bisa saling subsitusi,” ucap Raymond.

Yap! Noken-as aftermarket Mio bisa dipasang pas di kepala silinder ZR. Tapi sebelum mensubsitusi, baiknya dipastikan dulu! Apakah durasi noken-as itu bisa menjawab kebutuhan yang diperlukan ZR.

32 komentar:

  1. maaf kaka mau nanya
    apa cylinder head sama blok cylinder vega zr
    bisa d pasang ke mesin mio ga ?

    BalasHapus
  2. kalo vega zr pake liner blitz joy bisa ga boss terus harga liner nya berapa...???

    BalasHapus
  3. numpang tanya gan kalo vega zr mau boreup pke piston sonic buat harian boring ganti pake boring apa??
    aftermarket atau kanibal mtor lain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakek linear luar 66 mm

      Hapus
    2. Saya pake yg DM 60 bos

      Hapus
    3. Saya pakai yang 75an preess tiang aman2 aja tu buat harian

      Hapus
  4. Bisa gk ya chamshaft vega zr pake double bearing seperti jupiter z??no bearingnya berapa ya?tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan tapi nanti kuningannya dibubut buat dibikin bearing klo itu serahin aja ke tukang bubutnya... Klo ukuran bearing ane gk tau.. Klo di bengkel daerah ane abis 500 trima rapih...
      Cuma memberi tahu...

      Hapus
    2. Noken as zr dipasang bearing dalem bisa boss ane udah coba noken as pake mio mesin lebih alus... Pasang bearing cuman kena 300rbu udah plus bearing...

      Hapus
    3. Bisa boss pake bearing mio tpi haruss di bubut dulu silinder hed nya..klo ga salah no 6002

      Hapus
  5. Kok pertanyaannya gak ada yang dibalas sama admin?

    BalasHapus
  6. Bang noken as mio dan vega zr itu sama apa enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama brader baca aja teks di paragraf terakhir🙏🏻

      Hapus
  7. Bang noken as mio dan vega zr itu sama apa enggak?

    BalasHapus
  8. Apa yg sama stang seher nya vega zr

    BalasHapus
  9. gimana sih rahasia buat motor vega zr supaya bisa jadi motor balap

    BalasHapus
  10. apa sh rahasia motor vega zr biar jadi motor balap

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah gan gue kan mekanik juga main nya kompresi padat ya kalo bisa ganti pistong yang jenong klep dikasih satria150 noken kasih mio standat aja templar milik mio em3

      Hapus
  11. punya gue bisa di kasih kaze overses200 bangkan linernya gak gue ganti bisa

    BalasHapus
  12. kalo head boring vega zr di pasangin ke mesin jupiter z burhan bisa ga kak?

    BalasHapus
  13. Mau tanya kalo tutup sentrik mio sama vega ukuran nya sama gak?

    BalasHapus
  14. Maaf bos mau nanya.
    Apa payung klep Mio sama dengan payung klep vega

    BalasHapus
  15. la jalur oli nya sama gak bang apa harus di ubah jalur olinya

    BalasHapus
  16. Noken as mio ke vega zr apakah bisa?

    BalasHapus
  17. Numpang tanya dong kalo tutup timing rantai keteng vega zr pakai punya nya mio masuk ngga Makasih

    BalasHapus
  18. Apakah noken as vega zr bisa di pasang ke mio sporty

    BalasHapus
  19. Kalo vega ZR naik stroke up 3mm kalo pake boring Mio itu pake paking Mio juga ya,, oh iya bang pen stroke up 3mm Mio sama vega ZR itu sama nggk ya. Tolong dijawab min🙏

    BalasHapus
  20. Ring vega zr persamaan nya selain supra std ap ya kk

    BalasHapus
  21. Kalo saya perhatikan, itu lobang pompa oli mio sama vega zr dari mesin yg masuk ke silinder juga beda ya kalo ngga salah

    BalasHapus
  22. bng kalok pen kerek as Vega ZR. sama Mio sama ga gan

    BalasHapus