30 Oktober 2009

Penyebab Pengapian Hilang



Pernah alami mogok di jalan? Ya, gara-gara pengapian mendadak hilang. Penyebab perginya api busi untuk membakar campuran bensin dan udara akibat tiga faktor yang saling berhubungan! Akibat busi, koil atau CDI yang bermasalah. Melacaknya bisa dirasakan dari gejala yang timbul.

Mulai dari busi yuk! Mengeceknya, mudah! Lepaskan busi dari dudukan, lalu tempelkan ke mesin. ON kan kontak dan coba starter, jika tidak keluar api coba ganti busi baru. Jika api meletik, berarti busi bermasalah.

Tapi jika setelah ganti busi baru namun api tetap tidak mau meletik, berlanjut ke koil dan CDI. Pengecekan pertama, bisa dilakukan lewat cara melepas kepala busi dan dekatkan ujung kabel koil ke mesin. Coba starter, kalau tidak ada api yang keluar, berarti ada kemungkinan salah satu dari dua peranti vital itu bermasalah.

"Perhatikan juga gejala yang ditimbulkan sebelum motor mati," saran Songa dari Putera Zidane di Jl. H Mencong, Ciledug, Tangerang. Menurut mekanik tinggi ini, CDI bermasalah bisa dipastikan ketika mesin panas dan motor sudah dipakai lama. Tapi setelah dingin, motor kembali hidup. Kondisi ini bisa lama, berlangsung hingga CDI benar-benar mati total. Akhirnya, tidak mengeluarkan api sama sekali.

Lain hal dengan koil. Biasanya sebelum mati total, tetap mengeluarkan percikan. Ngeceknya dalam keadaan busi terlepas dan kontak di-ON-kan akan mengeluarkan api. Tapi, jika busi terpasang malah tidak memercikan api. Ini berarti koil lemah syahwat. Buruan ganti sebelum modar alias mati!

5 komentar:

  1. aku punya masalah, mobil zebra api kagak keluar dari coil kenapa ya...kabel coil bagus/normal. dari coil tdk mengeluarkan api.

    BalasHapus
  2. info yang menambah wawasan terimakasih
    jangan lupa kunjung balik

    BalasHapus
  3. informasi sangat membantu sekali,mudah - mudahan artikel ini bermanfaaat untuk semuanya.
    trimakasih atas kunjungannya .

    BalasHapus

  4. Terima kasih sudah berbagi informasi menarik dan bermanfaatnya
    Tetap semangat untuk share info yang lainnya!!!!

    BalasHapus
  5. Gan mohon pencerahan aku punya galan lele namun salah satu koil hilang pengapian..udah di coba utak atik..tetap saja koil untuk busi 1...3..tidak ada pengapian.....sementara pakai koil lain yg baik di tempat tersebut tetap tidak ada apinya..

    BalasHapus