28 Oktober 2009

Tips Menambah Tenaga Motor



Kompresi
Menaikkan kompresi bisa dilakukan dengan papas head/blok, ganti piston jenong atau ganti paking lebih tipis. Nah, pada motor bro Riyan saya tidak mendapatkan data tentang proses menaikkan kompresi. Padahal sudah mengganti noken as racing, yang sudah pasti durasi (lama buka klep) juga diperbesar. Perlu diketahui bahwa penggantian noken as durasi tinggi bisa menurunkan tekanan kompresi, makanya motor bro Riyan menjadi kurang bertenaga. Sebaiknya lakukan proses menaikkan kompresi. Tapi jangan terlampau tinggi karena masih dipakai harian. Misal papas head 0,5 mm (data persisnya sebaiknya memperhatikan posisi piston ketika di TMA).

Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra Fit masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Penggantian busi dan koil bisa menunjang memperbaiki kualitas percikan api bukan menambah limiter.

Efisiensi Volumetrik
Biasa dilakukan dengan proses porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih streamline dan tanpa titik mati (atau hambatan). Sebaiknya proses ini serahkan pada mekanik yang biasa bikin motor kencang. Karena banyak sekali trik-triknya.

Setting Karburator
Disini lebih pada proses penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.

Mengenai bunyi tek-tek-tek….. bisa disebabkan dari suara benturan klep dan kepala piston. Tapi biasanya tidak dalam jangka waktu yang lama karena klep akan bocor dan motor mogok (susah dihidupkan) karena kompresi bocor. Jangan-jangan bunyi dari noken as yang pembuatannya kurang presisi. Coba cek, apakah noken as buatan mesin CNC atau cuma bubutan tangan. Permukaan noken as yang kasar dan lendutan dinding nok yang tidak tepat bisa menyebabkan suara berisik sekali.

1 komentar: